SIcBCNYYowU9yLaT7xeY79BwuoTOboEitKQqE4L9

Lintas Suara, Komunitas Seniman Tanjung Uma - Batam, Kepulauan Riau


Telah kita ketahui adanya semangat yang menggelora dari anak-anak di kota Batam terutama soal kesenian. Mereka bergerak membangun sebuah komunitas seni yang di namakan “Lintas Suara”.

Pergerakan ini sendiri memiliki penjelasan soal SENI yang sangat mengagumkan.

Menurut Ketua Lintas Suara yang menjelaskan tentang arti dari seni itu sendiri adalah: Seni itu sama dengan Kehidupan, mengapa bisa dibilang begitu karena diambil contoh dari sebuah teater, teater sendiri mengangkat gerak tema, koreografi, dan segala bentuk dari kejadian sehari-hari yang ada di kehidupan kita.

Contohnya : didalam Teater ada adegan sedih, senang, bimbang, ketakutan, kuat, bercengkrama, menari, bernyanyi dan yang lainnya. Semuanya ada dalam keseharian kehidupan kita. 

Lintas suara dibentuk pada tanggal 19 oktober 2018, dan diresmikan di Oktober tahun 2019. Pembetukannya di depan kampus kanza daerah Nagoya, dan di pelopori oleh Budiman Rachman sebagai ketua.

Anggota intinya terdiri dari 4 orang, yaitu:
Fibri @fibryansbastian , Eno @warna.eno , Dila @kkharisma.dila dan Budi @budimamn.rachman

Mereka tidak membatasi ide, bergerak untuk berkarya bebas dan indie.
ada 4 divisi di dalamnya
SENI SASTRA, SENI TEATER,SENI RUPA dan SENI MUSIK


Baru-baru ini mereka merayakan ulang tahun komunitas tepat yang ke-1 tahun yaitu pada Oktober 2020. Di acara memperinggati 1 tahun pertama ini mereka lebih mengutamakan tamu atau undangan untuk warga dan pemuda Tanjung Uma. Yah, dengan sebagai usaha pembuktian yang turut serta mengundang kepala tetua setempat (Tanjung Uma).

Lebih merujuk ke target panggung yang fleksibel (untuk semua kalangan). Titik kumpul mereka ada di Tanjung Uma, dikarenakan sebagian besar anggota adalah anak remaja warga Tanjung Uma.

Dalam 1 tahun bergerak komunitas ini mengaku merasakan sebuah pencapaian yang membanggakan, mereka selalu bertukar ide, kekeluargaan, menjalin solidaritas yang tanpa batas. Mereka juga sudah memiliki 20 anggota tetap.

“Jadi kalau kalian ngumpul tuh bahas apa bud?”

“Nggak serius-serius bangetlah, Sersan (Serius tapi santai) kita yang penting terus berbagi prospek pergerakan aja di komunitas ini.” Budiman menjelaskan.


Saat ini mereka mempersiapkan progress kerja yang akan dijalankan di tahun depan (2021). Bentuk progress kedepan salah satunya adalah membuat Program kerja untuk pelaksanaan event. Mungkin ada jadwal penentuan untuk event yang akan diselenggarakan oleh Lintas Suara.

Jadi oleh karena itu teman-teman penggiat event mari kita bersiap-siap menyambut euphoria event di tahun depan. Kami tahu kalian rindu event yang sekarang belum dapat terlaksana yang “katanya” terdampak “covid-19”.


Notes:
Beberapa waktu ini Lintas Suara sudah berhasil menjalin kerjasama di bidang konseptual Event kepada beberapa Cafe yang ada di Batam. Follow Instagramnya @LintasSuara apabila kalian ingin mengetahui lebih intim.

Woi! Mereka gokil abis pokoknya!

Author: Yurissa Gunawan
Editor: Abengkris
Nara Sumber: Budiman Rachman
Recommendations

RELATED:

Posting Komentar